Cara Menetapkan Pasar Sasaran
(untuk salah satu tugas mata kuliah
softskill)
Pegertian pasar menurut buku
Kewirausahaan Dr. Kasmir, SE., MM yaitu himpunan pembeli nyata dan pembeli
potensial atas suatu produk. Pasar dapat diartikan pula sebagai suatu mekanisme
yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara
kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran.
Dalam menetapkan pasar sasaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang diinginkan. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi :
1.
Evaluasi
segmen pasar
2.
Memilih
segmen, yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi bagi
perusahaan, menentukan segmen mana dan berapa banyak yang dapat dilayani.
Menentukan posisi pasar maksudnya adalah upaya untuk menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar.
Penentuan posisi pasar dapat dilakukan
berdasarkan :
1.
Atribut
2.
Kesempatan
penggunaan
3.
Kelas
pengguna
4.
Langsung
menghadapi pesaing
5.
Kelas
produk
0 komentar:
Posting Komentar