RSS

Cara Menetapkan Pasar Sasaran



Cara Menetapkan Pasar Sasaran

(untuk salah satu tugas mata kuliah softskill)


Pegertian pasar menurut buku Kewirausahaan Dr. Kasmir, SE., MM yaitu himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Pasar dapat diartikan pula sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran.

Dalam menetapkan pasar sasaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang diinginkan. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi :
1.   Evaluasi segmen pasar
2.   Memilih segmen, yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi bagi perusahaan, menentukan segmen mana dan berapa banyak yang dapat dilayani.

Menentukan posisi pasar maksudnya adalah upaya untuk menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar.
Penentuan posisi pasar dapat dilakukan berdasarkan :
1.   Atribut
2.   Kesempatan penggunaan
3.   Kelas pengguna
4.   Langsung menghadapi pesaing
5.   Kelas produk

0 komentar:

Posting Komentar