SEGMENTASI
GLOBAL, TARGET DAN POSISI PRODUK PASAR GLOBAL
SEGMENTASI PASAR GLOBAL
Segmentasi pasar global didefinisikan sebagai
proses mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan potensial pada tingkat
nasional maupun sub nasional yang kianya mempunyai persamaan tingkah laku dalam
membeli.
MENETAPKAN SASARAN GLOBAL
Memilih strategi pasar sasaran global.
1. Pemasaran global yang tidak membeda-bedakan.
Serupa dengan pemasaran missal dalam satu Negara, pendek kata, serupa dengan
melibatkan penciptaan bauran pemasaran yang sama.
2.
Pemasarn global terkonsentrasi.
Menyiapkan bauran pemasaran untuk membidik
segmen tunggal di pasar global.
3.
Pemasaran global yang membeda- bedakan.
Strategi ini mencakup sasaran dua atau lebih
segmen pasar yang berbeda dengan berbagai penawaran bauran pemasaran.
MENETUKAN POSISI PRODUK DI PASAR GLOBAL
Ø Menentukan posisi teknologi tinggi (Hi-tech
Positioning) : Komputer pribadi , video & peralatan stereo, serta mobil
merupakan contoh kategori produk dengan menentukan posisi teknologi tinggi
terbukti efektif. Produk seperti ini sering kali dibeli atas dasar sifat-sifat
produk yang konkret walaupun citra mungkin juga penting. Pembeli biasanya sudah
mempunyai atau berkeinginan memperoleh informasi teknis yang cukup banyak.
Ø Menentukan posisi sentuhan canggih (Hi-touch
positioning) : Kurang memerlukan penekanan pada informasi khusus & lebih
menekankan pada citra. Pembeli produk sentuhan canggih juga mempunyai bahasa
yang sama & sekumpulan symbol yang berkaitan dengan tema kesejahteraan,
materialism, & romantisme.
PEMASARAN DI NEGARA BERKEMBANG
Kekurangan akan barang & jasa merupakan
masalah sentral dinegara-negara berkembang & kebutuhan yang paling menekan
adalah memperluas produksi.Pemasaran adalah disiplin yang menjadi pedoman dalam
proses mengidentifikasi & memenuhi kebutuhan & keinginan masyarakat.
Sebelum memutuskan apakah akan memasuki suatau
Negara berkembang, hal-hal yang perlu dipertimbangkan :
1. Carilah informasi lain disamping PNB per
kapita. Angka per kapita mungkin menyembunyikan adanya kelas menengah dalam
jumlah besar dalam pasar tadi.
2. Pertimbangan Negara-negara berkembang secara
kolektif, bukan satu persatu.
3. Ingat bahwa tidak semua Negara berkembang
sama.
4. Beri bobot antara manfaat & biaya kalau
menjadi perusahaan pertama yang menawarkan suatu produk atau jasa disebuh
Negara berkembang.
5. Tetapkan batas waktu realistic untuk melihat
hasilnya. Karena perbedaan hokum politik atau kekuatan sosial, berbagai
peristiwa mungkin bergerak dengan lambat.
TEKNIK
PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERKAIT DENGAN RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) DAN RANTAI
NILAI (VALUE CHAIN)
TANTANGAN MENENTUKAN PEMASOK
Tantangan dalam menentukan pemasok adalah
untuk mewujudkan nilai yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan. Faktor-faktor
keputusan penetapan pemasok :
1. Biaya dan ketersediaan
2. Logistik
3. Infrastuktur negara
4. Resiko politik
5. Akses pasar
6. Kurs mata uang, ketersediaan dan kemudahan
dipertukarkan
SISTEM NILAI, RANTAI NILAI DAN PERAN STATEGIK PEMASARAN
GLOBAL
Rantai nilai (value chain) merupakan kelompok
organisasi secara vertikal lurus yang dapat menambah nilai pada barang atau
jasa dalam pergerakan dari supplier dasar ke produk jadi yang disalurkan pada
pelanggan dan organisasi pemakai akhir. Istilah value chain dipakai untuk
memfokuskan pada proses, aktivitas, organisasi dan struktur yang dikombinasikan
untuk menciptakan nilai pada pelanggan sebagai produk yang bergerak dari nilai
aslinya kepada pemakai akhir.
KRITERIA KEPUTUSAN, DAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASOK
Manajemen Rantai Pasokan atau disebut Supply
Chain Management merupakan pengelolaan rantai siklus yang lengkap mulai bahan
mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, berlanjut ke
distribusi sampai kepada konsumen.
PILIHAN STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI
PASAR GLOBAL
Pasar Global adalah pasar berskala dunia yang
terbuka bagi seluruh pelaku usaha.
Beberapa macam kendala yang menantang para
pelaku bisnis pasar global:
Perbedaan Budaya dan Selera
Produk yang laku keras di suatu negara, bisa
jadi tidak menarik sama sekali bagi masyarakat di negara lain. Misalnya, sepeda
motor Honda laku keras di Indonesia, sementara di Eropa, produk ini tidak ada
peminatnya.
Perbedaan Daya Beli Masyarakat
Jika produk yang dijual melalui pasar bebas
memiliki harga yang terlalu tinggi atau justru terlalu rendah di negara
targetnya, maka kemungkinan produk tersebut tidak akan memperoleh banyak
pembeli. Misalnya, kaos-kaos murah buatan China tidak akan laku di Prancis
karena daya beli masyarakatnya yang sangat tinggi.
Peraturan Nasional
Produk yang banyak diminati masyarakat di
suatu negara, bisa jadi tidak bisa jual ke negara tersebut jika negara tersebut
memiliki peraturan khusus yang membatasinya. Misalnya, di Indonesia, mobil yang
terlalu mewah seperti limousine tidak boleh masuk ke Indonesia. Jadi,
perusahaan limousine di negara manapun tidak ada gunanya jika mereka bermaksud
menjual produknya ke Indonesia.
EKSPOR
Ekspor adalah proses transportasi barang atau
komoditas dari suatu negara ke negara lain. Proses ini seringkali digunakan
oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai strategi
utama untuk bersaing di tingkat internasional. Strategi ekspor digunakan karena
risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan lebih mudah bila dibandingkan dengan
strategi lainnya.
LISENSI
Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian
izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin
dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan
barang atau jasa yang dilisensikan.
USAHA PATUNGAN
Usaha Patungan adalah perusahaan koperasi yang
masuk ke dalam dua atau lebih entitas bisnis untuk tujuan proyek tertentu atau
kegiatan bisnis lainnya. Seringkali perusahaan patungan menciptakan entitas
bisnis yang terpisah, dimana pemiliknya menyumbang aset, memiliki ekuitas, dan
menyetujui bagaimana entitas ini dapat dikelola. Entitas baru bisa berupa
korporasi, perseroan terbatas, atau kemitraan.
STRATEGI PERLUASAN PASAR
Merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh
Perusahaan untuk meningkatkan penjualan atas produk yang sudah ada pada pasar
yang baru. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian kecil dari berbagai
kemungkinan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan.
PENENTUAN POSISI PASAR
Penentuan posisi pasar, sebagai berikut :
a)
Mengidentifikasi keunggulan bersaing yang mungkin
b)
Memilih keunggulan bersaing yang tepat
c)
Mengkomunikasikan posisi yang telah dipilih
STRATEGI
PERSAINGAN GLOBAL SERTA DAYA SAING
ANALISIS INDUSTRI
Analisis industri merupakan kombinasi antara
ekonomi industri dan strategi. Diawali dengan adanya tambahan atas teori
organisasi industri oleh Joe S. Bain (1950-an) yang menyatakan bahwa struktur
industri tidak hanya terbatas pada ukuran besarnya industri, tetapi juga
ditentukan dengan mobilitas hambatan masuk ke dalam industri.
KEUNGGULAN KOMPETITIF
Teori keunggulan kompetitif (Competitive
Advantage) atau dikenal juga dengan keunggulan bersaing ialah kemampuan yang
diperoleh sebuah perusahaan melalui karakteristik dan sumber daya yang dimiliki
untuk dapat memiliki kinerja lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain
yang ada pada industri dan pasar yang sama.
PERSAINGAN GLOBAL DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF NASIONAL
Persaingan Global merupakan suatu tahap perkembangan
fenomena budaya yang harus dilalui oleh kemajuan peradaban dan kehidupan. Yang
terpenting adalah bagaimana menentukan sikap dan mempersiapkan diri untuk
menghadapi datangnya fenomena tersebut. Sedangkan Keunggulan kompetitif
nasional merupakan penilaian kemampuan suatu negara untuk berpartisipasi
kompetitif di pasar internasional. Beberapa negara memiliki keunggulan lebih
dari yang lain, karena berbagai alasan. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,
pemerintah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka untuk
meningkatkan keunggulan kompetitif nasional mereka.
E-MARKETING
DAN ASPEK KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL
E-MARKETING
Pengertian tentang E-Marketing menurut
Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing
side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout,
promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan
sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang
terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu,
mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet
KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL
Komunikasi pemasaran adalah sarana dimana
perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan meningkatkan konsumen secara
langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Sedangkan
komunikasi pemaasaran global merupakan efektivitas komunikasi pemasaran yang
melewati batas-batas negara.
R E F E R E N S I :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-marketing-electronic-marketing.html?m=1
http://alberthtaopan.blogspot.com/2016/06/komunikasi-pemasaran-global.html?m=1
https://majorika7.wordpress.com/2011/04/14/analisis-industri-dan-pesaing/
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/teori-keunggulan-kompetitif
https://article596.wordpress.com/2018/01/07/strategi-indonesia-menghadapi-persaingan-global/
http://blogs.unpas.ac.id/fkusnandi/2013/11/25/nationalcompetitiveadvantage/
0 komentar:
Posting Komentar